Hari AIDS Sedunia 2013

Potensi Sumber Kekayaan Alam di Sulawesi Barat

Sumber: https://berita.sulbarprov.go.id/

Provinsi Sulawesi Barat merupakan provinsi hasil pemekaran dari Sulawesi Selatan. Sulawesi Barat yang merupakan provinsi ke-33 di Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang besar, terutama di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. Kawasan yang mayoritas dihuni suku Mandar ini juga strategis karena merupakan gerbang segitiga yang menghubungkan Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Timur. 

Provinsi dengan luas wilayah 16.787,18 kilometer persegi ini merupakan provinsi hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan. Meskipun pembentukan Provinsi Sulawesi Barat telah diperjuangkan sejak tahun 1960, provinsi ini baru resmi berdiri pada tanggal 5 Oktober 2004 dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2004. Ibu kota provinsi ini terletak di Mamuju.

Potensi Sulawesi Barat


Sulawesi Barat memiliki kekayaan sumber daya alam mulai dari ekstraksi emas, batubara dan minyak, hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, serta hasil perikanan dan kelautan.

Di bidang kehutanan, menurut data BPKH Makassar (2007) setelah pemekaran Sulawesi Selatan, luas hutan di Sulawesi Barat adalah 1.158.442 Ha, yang terdiri dari Hutan Produksi Tetap (PH) 46.632 Ha, Hutan Produksi Terbatas (HPT). ) 374.257 Ha, Hutan Produksi yang Dapat Dikonversi (HPK) 69.930 Ha, Hutan Lindung (HL) 666.419 Ha, dan Kawasan Cagar Alam (CA) 1.204 Ha. Hutan ini menghasilkan 13.514 hingga 36.726 m3 kayu dan 2.917 ton rotan dan damar.

Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita Sulawesi Barat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2007, Sulawesi Barat mengalami peningkatan pertumbuhan sebesar 17,9%, jauh di atas rata-rata nasional yang hanya 16,7%. Angka ini meningkat drastis dari PDB 2005 yang hanya 10,9%, jauh di bawah tingkat nasional 16,3%. Pencapaian tersebut diikuti oleh pertumbuhan ekonomi riil Sulawesi Barat tahun 2007 sebesar 7,43%, jauh di atas rata-rata nasional sebesar 6,32% dan provinsi lainnya. Sektor pertanian masih mendominasi struktur perekonomian Sulawesi Barat dengan kontribusi lebih dari 55% dari Produk Domestik Regional Bruto (PDB) provinsi, termasuk kontribusi sektor kehutanan di dalamnya.

Potensi Sumber Kekayaan Alam di Sulawesi Barat


Sulawesi Barat juga dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi lokasi wisata yang indah. Banyak sekali potensi wisata alam yang ditawarkan Provinsi Sulawesi Barat, seperti wisata bahari berupa keindahan pantai dan kekayaan alam bawah laut, sedangkan sektor pegunungan berupa pertanian, perkebunan dan kehutanan.

Potensi Sulawesi Barat di sektor perkebunan, selain kakao, daerah ini juga merupakan penghasil kopi robusta atau kopi arabika, kelapa, kelapa sawit dan cengkeh. Sektor pertambangan mengandung emas, batu bara, dan minyak.
Lebih baru Lebih lama