SLOT IKLAN

Kronologi Orang Tua di Gowa Tega Congkel Mata Anaknya, Konon Bagian dari Ritual Pesugihan

Foto oleh Bukamatanews.id

POLMAN UPDATE - Sepasang suami istri di Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, tega mencongkel mata kanan putrinya yang berusia 6 tahun. Aksi keji ini mereka lakukan demi ritual pesugihan yang rutin dilakukan suami-istri.

Dilansir pada lamar Tribunnews.com, pada saat itu pamannya, Bayu (34), bersama petugas dari Bhabinkamtibmas Malino membawa korban ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syech Yusuf, Sungguminasa, Kabupaten Gowa. Bayu mengatakan bahwa dia awalnya baru saja kembali dari pemakaman dan duduk di rumah korban. Tiba-tiba ia mendengar tangisan anak kecil yang menangis.

Saat masuk, ia menemukan bahwa ibu dan ayahnya mencongkel mata anak tersebut. Bahkan aksi biadab tersebut disaksikan langsung oleh kakek dan nenek korban.

“Makanya kami segera membawa anak ini untuk dievakuasi,” kata Bayu kepada Kompas.com di RS, Jumat (3/9/2021).

Menurut Bayu, kekerasan terhadap bocah itu diduga merupakan bagian dari ritual pesugihan. Ibu korban, kata Bayu, sering mendengar bisikan gaib. Selain itu, selama ini para pelaku kerap melakukan ritual aneh di rumahnya.

"Di rumah itu, mereka sering melakukan ritual aneh, seperti pesugihan, dan berkali-kali berhalusinasi," kata Bayu.

Kini, polisi telah menangkap lima orang, termasuk orang tua, paman, kakek, dan nenek korban. Dua dari pelaku dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Dadi Makassar untuk pemeriksaan mental.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Gowa AKP Boby Rachman mengatakan, kejadian ini tergolong kekerasan dalam rumah tangga terhadap anak di bawah umur.

Sejauh ini, pihaknya telah menangkap lima orang, dua di antaranya dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Dadi Makassar. Pasalnya, ia menduga kedua orang tersebut mengalami gangguan jiwa.

"Tapi kami masih menunggu pemeriksaan kejiwaan di rumah sakit," kata Bobby.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Boby menyatakan bahwa motif pelaku kekerasan adalah halusinasi dan bisikan supranatural.

"Dari hasil pemeriksaan, motifnya halusinasi. Disebutkan, tersangka sering mendapat bisikan-bisikan tersembunyi yang memerlukan kekerasan terhadap korban," kata Boby.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Detik-detik Bocah 6 Tahun Dikorbankan Matanya oleh Orangtua demi Pesugihan”.
Lebih baru Lebih lama
SLOT IKLAN
SLOT IKLAN