Hari AIDS Sedunia 2013

Masuk Fakultas Kedokteran Pada Usia 15 Tahun, Rein Vidya Menjadi Lulusan Termuda

Foto: Kanal Media Unpad

Lulus dari Fakultas Kedokteran pada usia 19!


Rein Vidya Banafasha, mahasiswi kedokteran yang lulus pada usia 19 tahun dan menjadi wisudawan termuda Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad).

Mengutip situs resmi Unpad, Rein berhasil lulus pada Februari 2022 dengan waktu 3,5 tahun menyelesaikan studi kuliahnya.

Saat menjadi mahasiswa baru, Rein juga dinobatkan sebagai mahasiswa termuda di Unpad, karena saat itu usianya masih 15 tahun.

Bagaimana Rein Vidya berhasil menjadi mahasiswa kedokteran ketika dia berusia 15 tahun?


Sejak duduk di bangku SMP, Rein mengikuti program akselerasi di SMPN 5 Tasikmalaya dan menyelesaikan studinya hanya dalam waktu dua tahun.

Kemudian, saat duduk di bangku SMA, ia kembali ke program akselerasi dan juga lulus dalam dua tahun.

Dengan demikian, pada tahun 2018 Rein berhasil diterima di Fakultas Kedokteran Unpad melalui jalur SBMPTN saat berusia 15 tahun 10 bulan.

Foto: Kanal Media Unpad

Tantangan yang dihadapi saat kuliah


Rein mengatakan bahwa ketika dia masuk perguruan tinggi, dia pikir dia akan mengalami kesulitan dalam studinya.

“Cukup sulit kuliah di FK, tapi kalau menikmati prosesnya pasti bisa melewati itu semua,” ujarnya.

Salah satu tantangan terberat yang ia hadapi akibat dampak yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19. Mahasiswa kedokteran dipaksa untuk belajar jarak jauh, dan menjadi sangat sulit ketika mereka harus melakukan magang.

Alumni yang lebih muda ini mengungkapkan bahwa dirinya tidak mampu menangkap materi secara maksimal saat mengikuti praktik online.

Meski begitu, banyaknya tantangan yang dihadapi tidak menyurutkan semangatnya, bahkan ia berhasil lulus lebih cepat dan menjadi lulusan termuda Unpad.
Lebih baru Lebih lama