Hari AIDS Sedunia 2013

Kapan CPNS 2022 dibuka? Ini Berita Terbaru dari Menpan RB

Foto: Kanwil Kemenkumham Sulbar

POLMAN UPDATE - Seleksi CPNS 2021 sudah berjalan. Namun, publik sudah mulai bertanya-tanya kapan CPNS 2022 akan dibuka kembali.

Selain itu, beredar kabar bahwa CPNS 2022 akan dihapuskan dan pemerintah akan membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal itu bermula dari cuitan viral Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam unggahan di akun Instagram miliknya. Dia berkomentar, pemerintah tidak akan membuka CPNS tahun depan.

“2022 hanya PPPK saja. Ke depan penerimaan PNS akan sangat-sangat sedikit, yang banyak PPPK,” ujar Bima dikutip Polman Udate dari akun @wibisanabima, Selasa (12/10/2021).

Selain itu, Bima juga menanggapi salah satu komentar di Instagramnya dan menegaskan bahwa tidak ada seleksi untuk CPNS 2022. Selanjutnya, seleksi hanya dibuka untuk PPPK.

“2022 ada penerimaan ASN, tapi hanya PPPK saja. Tidak ada PNS. Untuk 2023 belum diputuskan,” tulisnya. 

Berita CPNS 2022 dari Menpan RB


Terkait hal itu, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menjelaskan, pembukaan CPNS 2022 bukannya tidak ada. Sebaliknya, aperture disesuaikan sesuai kebutuhan.

“Kalau tahun depan tidak ada kesepahaman, tidak akan ada sama sekali, tetapi pengurangan sesuai kebutuhan, 'Oh kantor saya butuh analis, staf IT,” kata Tjahjo usai menyelesaikan seminar di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (12/10/2021).

Selain itu, Tjahjo mengungkapkan pembukaan seleksi ke depan akan sangat sesuai dengan kebutuhan. Ia mencontohkan, jumlah orang yang akan keluar sama dengan jumlah orang yang akan masuk.

“ASN kita ada 4,2 juta. Sekitar 1,6 juta masih pegawai tata usaha, sekarang sudah menyerap 1 juta pendaftar guru PPPK. Tapi itu pun belum maksimal. Jika dulu yang meninggal ada lima, seratus masuk. Ini lah yang menyebabkan macet,” jelasnya.

Ia juga tidak memungkiri akan menyerap lebih banyak energi melalui PPPK. Dengan begitu, ia berharap ke depan tidak ada lagi tenaga honorer karena semuanya direkrut menjadi PPPK.

“Termasuk tenaga honorer tidak ada lagi dan sebagainya. Ke depan PPPK akan lebih banyak lagi. Toh kebijakannya sama, gaji dan tunjangannya sama,” kata Tjahjo.

Nah, udah jelasin kan kabar CPNS 2022 bakal dibuka, tapi hanya bila diperlukan.
Lebih baru Lebih lama