Hari AIDS Sedunia 2013

TPA dan Dilema Lingkungan: Perspektif Pengelolaan Sampah di Polewali Mandar

Tumpukan Sampah di Kecamatan Wonomulyo


Polewali Mandar, 17 April 2024 — Sampah kembali berserakan di sejumlah titik di Kecamatan Wonomulyo, Polewali, dan sekitarnya. Tentunya, hal ini sudah menjadi bagian dari polemik lama yang sampai hari ini belum dapat diselesaikan oleh Pemerintah Polewali Mandar.

Permasalahan sampah di Polewali Mandar ini sudah berlangsung selama tiga tahun. Sampai hari ini, faktanya belum dapat teratasi secara maksimal. Sejak aksi penolakan warga di TPA Paku pada tahun 2021 lalu, itu akibat dari adanya kelalaian pemerintah dalam hal pengelolaan, dimana penumpukan sampah sudah terjadi di mana-mana.

Hingga jabatan Bupati Polewali Mandar berganti, permasalahan sampah belum juga teratasi. Padahal, ini merupakan runtutan masalah yang terjadi sudah lama, yang dimulai dari aksi penutupan Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah Binuang pada tahun 2020 lalu, satu-satunya di Polewali Mandar.

Sejak itu, akses jalan menuju TPA Paku, Kecamatan Binuang ditutup. Hal ini tentunya mempunyai alasan yang kuat dari masyarakat karena ini dianggap telah menimbulkan berbagai masalah sosial, lingkungan, dan kesehatan.

Kemudian, sejak itu pemerintah pun menunjuk beberapa titik lokasi sebagai tempat pembuangan sementara. Namun, hal itu pun terus menuai penolakan karena dianggap hanya akan memunculkan permasalahan baru.

Problem Sampah Hari Ini


Sampai hari ini, permasalahan sampah sangat membutuhkan perhatian serius, khususnya dari berbagai pihak pemerintah maupun masyarakat. Karena untuk saat ini, sampah masih menjadi persoalan yang mendapat kegagalan dalam hal penanganannya.

Padahal, jika dilihat dari beberapa dampak besar yang akan terjadi jika tidak ditangani dengan baik, akan terjadi penurunan kualitas kehidupan, keindahan lingkungan, pencemaran yang memunculkan berbagai penyakit yang berdampak pada kesehatan di masyarakat.

Hal ini tentunya tidak menyangkut satu atau dua orang saja, namun dampaknya bagi orang banyak. Kita semua tentu tidak menginginkan hal itu terus menerus berlanjut, apalagi terus menerus menjadi warisan masalah di setiap periode pemerintahan. Semoga permasalahan ini benar-benar segera diatasi.

Permasalahan sampah sudah menjadi bagian dari agenda prioritas yang harus diselesaikan saat ini di Polewali Mandar. Sudah banyak sekali ulasan kajian dan opini-opini terkait yang mengungkapkan, Pemerintah adalah bagian orang yang paling bertanggung jawab untuk segera menyelesaikannya.

Kontributor: Muhammad Saad
Lebih baru Lebih lama