Hari AIDS Sedunia 2013

Jual Ginjal untuk Beli iPad dan iPhone, Kondisi Pria ini Memprihatinkan

Foto: AsiaWire

POLMAN UPDATE - Putus asa menjual ginjal untuk barang elektronik terbaru yang harganya mahal, ternyata benar-benar terjadi di dunia nyata. Seperti kisah seorang pria asal China bernama Wang Shangkun yang satu ini. Demi membeli iPhone dan iPad terbaru Apple, Shangkun nekat menjual salah satu ginjalnya.

Seperti dikutip dari Mirror, pria berusia 25 tahun itu menjual ginjalnya pada 2011 di pasar gelap di China. Dengan penjualan ginjalnya, Shangkun berhasil memperoleh sekitar 48 juta rupee. Uang itu kemudian digunakan untuk membeli iPhone 4 dan iPad 2.

“Mengapa saya membutuhkan ginjal kedua? Satu sudah cukup,” kata Shangkun.

Kondisi Wang Shangkun Sekarang

Foto: AsiaWire

Sayangnya, setelah menjual ginjalnya, kondisi Shangkun semakin memburuk. Dia jatuh sakit karena operasi ginjalnya tampaknya tidak bersih, yang menyebabkan infeksi serius.

Karena itu, Shangkun akhirnya terbuka dan memberi tahu ibunya bahwa dia sebenarnya telah menjual ginjalnya untuk membeli perangkat terbaru Apple. Setelah kejadian itu, orang-orang yang terlibat dalam penjualan ginjal ditangkap dan dihukum.

Sementara itu, karena keterbatasan dana, keluarga Shangkun tidak mampu mengeluarkan banyak uang untuk berobat untuk memulihkan kondisi Shangkun. IPhone dan iPad yang dia beli tidak dapat membantu karena harganya telah turun.

Setelah 9 tahun berlalu, kondisi Shangkun semakin mengkhawatirkan. Shangkun sekarang terbaring di tempat tidur dan harus menjalani cuci darah rutin karena gagal ginjal. Namun karena biayanya yang tidak murah, Shangkun hanya bisa bertahan hidup dari sumbangan orang lain.
Lebih baru Lebih lama